Minggu, 18 Desember 2016

Perbedaan Tari Tradisional dan Tari Modern

Hai, Inspirator!🙌🙌
Seperti kita ketahui sekarang ini tari modern maupun tari tradisional sedang berkembang pesat dikalangan anak muda. Sayangnya, tidak sedikit yang beranggapan bahwa tari modern ini akan menggerus tari tradisional cepat atau lambat. Padahal makna tarian sendiri bukan hanya sebagai bentuk kebudayaan suatu daerah saja, namun lebih dari itu. Sebuah tarian dapat mengandung makna yang mendalam lho. Memangnya apa sih perbedaan diantara keduanya? ..simak yuk!

 1.Kostum 

Tari tradisional biasanya memiliki kostum tari yang wajib dipakai. Walaupun mungkin ada penyesuaian-penyesuaian tapi tidak menghilangkan ciri khas kostum tari tersebut. Nah, kalau tari modern biasanya disesuaikan dengan tema yang ada. Walaupun begitu, tarian modern lebih cenderung bebas untuk mengekspresikan diri mereka sendiri. 

2.Musik       
 
Musik tradisional walaupun saat ini banyak dimodifikasi, namun tetap pada satu pakem. Tarian modern sendiri dalam hal musik lebih sering bereksperimen. Walaupun begitu baik tari modern dan tari tradisional mempunyai “khas”nya tersendiri dalam hal musik. Sehingga, keduanya memiliki keunikan tersendiri dari setiap tarian.

 3.Gerak 


Gerakan merupakan sesuatu yang krusial dalam sebuah pertunjukan tarian. Tarian tradisional sendiri memiliki pakem atau aturan tersendiri karena masing-masing gerakanya memiliki makna dan cerita yang berbeda. Sedangkan, tarian modern tidak memiliki aturan tersebut, sehingga banyak gerakan-gerakan yang mengejutkan disetiap pertunjukan.

 4.Komersil vs Kebudayaan 

Tari tradisional sendiri identik dengan kebudayaan suatu daerah. Sedangkan tari modern identik dengan hiburan masa kini. Walaupun, tidak dapat dipungkiri bahwa tari tradisional sekarang pun menunjukan eksistensinya sebagai sarana hiburan juga.

 Nah, Inspirator itu dia 4 perbedaan antara Tari Modern dan Tari Tradisional. Menari bukan hanya tentang melestarikan kebudayaan, namun juga kecintaan. Jadi, terlepas dari tradisional ataupun modern, kecintaan setiap orang untuk menari sekarang mulai meningkat. Kalau kalian suka keduanya juga tidak perlu khawatir karena sekarang ini banyak juga kolaborasi tarian diantara keduanya.

➨ Jadi, selamat menari Inspirator! Keep Breathing Keep Inspiring!
     😊😊


Tidak ada komentar:

Posting Komentar