Jumat, 09 Desember 2016

Istilah-istilah Gerakan Tari Tradisional




Dalam mempelajari berbagai tari nusantara, kamu akan menjumpai berbagai istilah gerakan tari. Berikut ini adalah istilah-istilah gerakan tari dan pengertiannya.
a. Adeg
       Sikap berdiri atau dasar sikap menari. Posisi badan tegak dan kedua lutut ditekuk membuka ke samping.
b. Agem
       Sikap dasar atau gerak-gerak yang dilakukan di tempat.
c Gayal-gayal
       Gerak berjalan dengan langkah yang mengayun disertai goyangan badan ke samping kiri dan kanan.
d. Lumaksana
       Rangkaian gerak yang menunjuk pada gerak berjalan yang disesuaikan dengan karakter atau peran masing-masing tokoh.
e. Ngoyog
       Menggerakkan seluruh tubuh ke samping kiri atau kanan tanpa mengangkat kaki.
f. Ngunduh Sekar
       Ragam gerak kedua belah tangan dengan posisi salah satu tangan berada di dekat telinga, sedangkan tangan yang lain mengarah diagonal ke bawah. Gerakan tersebut meniru gerakan yang sedang memetik (ngunduh) bunga (sekar).
g. Ombak Banyu
       Gerak peralihan yang terdapat pada tari putera halus dan gagah gaya Yogyakarta. Ombak berarti ombak dan banyu berarti air. Dengan demikian, gerak ombak banyu adalah gerak yang dilakukan pada saat menggerakkan badan ke kiri dan ke kanan yang selalu didahului dengan gerak ke atas seperti gerak ombak air.
h. Ridhong
       Gerakan tangan dengan menggunakan selendang yang disangkutkan pada salah satu siku tangan yang ditekuk pada pinggang.
i. Rimong
       Gerak tangan dengan menggunakan selendang. Satu tangan merentang dengan selendang, sedangkan satu tangan menyandarkan selendang di atas pundak.
j. Samberan
       Ragam gerak terbang pada tarian. Ciri khasnya dapat dilihat dari langkah yang kecil-kecil, tetapi cepat di atas ujung kaki. Satu lengan lurus ke samping diagonal rendah untuk tari puteri dan putera halus atau lurus ke samping horisontal untuk tari putera gagah. Sedangkan lengan yang lain diarahkan ke samping atas melintang di depan dagu. (Seni Tari Atang dan Rama)
k. Sekar Ura
       Sekar berarti bunga dan ura berarti ditaburkan. Gerak sekar ura terdapat pada tari penyambutan. Para penari menaburkan bunga ke arah penonton sebagai simbol dari ucapan selamat datang.
l. Sembahan
       Gerak menyembah yang terdapat pada tari tradisional atau klasik. Gerak sembahan selalu dilakukan sebagai gerak paling awal dalam sebuah tarian.

Sembahan yang lengkap dilakukan dua kali, yaitu sembahan dalam posisi duduk bersila dan sembahan dalam posisi jongkok.
m. Tancep
       Posisi berdiri yang dilakukan dengan posisi kaki yang direnggangkan, jarak antara tumit kanan dan kiri dua kaki. Lengan kiri bertolak pinggang, sedangkan lengan kanan lurus ke bawah di sisi kanan badan.
n. Trecet
       Trecet adalah gerak kaki seperti srisig, yang dimulai dengan langkah yang pelan. Bersama dengan saat beralih ke tempat yang dimaksud, maka iramanya berubah menjadi cepat.
o. Trisig
       Gerak berlari atau berjalan cepat di atas ujung kaki dengan melangkah kecil-kecil dan cepat pada tarian. Langkah tersebut digunakan dalam ragam gerak samberan atau terbang, ngancap atau menyerang, dan tinting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar